Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Cara mengatasi perut kembung cukup 5 menit YouTube
Cara mengatasi perut kembung cukup 5 menit YouTube from www.youtube.com

Kehamilan merupakan salah satu tahap yang paling diharapkan oleh setiap pasangan suami istri. Semakin dekat hari persalinan, semakin banyak kegembiraan yang terasa. Namun, tidak jarang pada saat menjelang persalinan, ibu hamil mengalami masalah kesehatan. Salah satu yang paling sering dialami adalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah pencernaan, perubahan hormon, dan penumpukan cairan. Meskipun cukup umum, perut kembung saat hamil dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi perut kembung saat hamil.

1. Makan Makanan yang Sehat

Karena perut kembung saat hamil disebabkan oleh masalah pencernaan, maka penting bagi ibu hamil untuk menjaga agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat. Makanan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti makanan berlemak, makanan yang terlalu pedas, dan makanan yang terlalu berminyak harus dihindari. Makanan yang disarankan adalah makanan yang sehat dan mudah dicerna seperti buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, dan produk olahan gandum. Makanan yang banyak mengandung serat juga dapat membantu mengurangi perut kembung.

2. Konsumsi Cairan yang Cukup

Konsumsi cairan yang cukup juga dapat membantu mengurangi perut kembung. Cairan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah air putih, jus buah, dan juga teh. Air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi serta membantu mengurangi perut kembung. Minum air putih dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi sensasi mulas. Selain itu, minum jus buah dan teh juga dapat membantu mengurangi perut kembung. Jus buah dan teh dapat membantu melepaskan gas dalam usus sehingga perut kembung dapat berkurang.

3. Olahraga Ringan

Olahraga ringan juga dapat membantu mengurangi perut kembung saat hamil. Olahraga ringan seperti yoga, jalan-jalan, dan berenang dapat membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi stress. Olahraga ringan juga dapat membantu melepaskan gas dalam usus yang dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, olahraga ringan juga dapat membantu ibu hamil merasa lebih nyaman dan juga mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu hamil.

4. Jangan Berdiri atau Berbaring Terlalu Lama

Berdiri atau berbaring terlalu lama dapat menyebabkan perut kembung saat hamil. Hal ini karena berdiri atau berbaring terlalu lama dapat menghambat aliran darah, membuat usus kurang aktif, dan memperlambat sistem pencernaan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk bergerak secara teratur dan mengambil waktu untuk beristirahat. Ibu hamil juga disarankan untuk mengambil waktu untuk bersantai dan melepaskan stres agar dapat menjaga kesehatan dan mengurangi perut kembung.

5. Gunakan Pijat Perut

Pijat perut dapat membantu mengurangi perut kembung saat hamil. Pijat perut dapat membantu menetralkan asam lambung, memperlancar aliran darah, dan membantu melepaskan gas dalam usus. Namun, ibu hamil harus berhati-hati dalam melakukan pijat perut. Ibu hamil disarankan untuk melakukan pijat perut dengan lembut dan menghindari tekanan yang terlalu berat. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan pijat perut dengan bantuan tenaga medis yang berpengalaman.

6. Hindari Makanan yang Mengandung Gula dan Garam Berlebihan

Makanan yang mengandung gula dan garam berlebihan juga dapat menyebabkan perut kembung. Makanan yang mengandung gula berlebihan seperti kue, es krim, dan minuman manis dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Makanan yang mengandung garam berlebihan seperti makanan asin dan makanan yang diasapi dapat menyebabkan tubuh menyerap air dengan berlebihan sehingga menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gula atau garam berlebihan.

7. Gunakan Posisi Tidur yang Benar

Posisi tidur yang benar juga dapat membantu mengurangi perut kembung saat hamil. Ibu hamil disarankan untuk tidur dengan posisi tegak atau dengan posisi tengkurap. Posisi tegak akan membantu ibu hamil merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh perut kembung. Selain itu, posisi tengkurap juga dapat membantu mengurangi perut kembung karena posisi ini dapat membantu mendorong cairan tubuh kembali ke jantung.

8. Lakukan Akupresur

Akupresur juga dapat membantu mengurangi perut kembung saat hamil. Akupresur dapat membantu meningkatkan aliran darah dan membantu melepaskan cairan tubuh yang terkumpul. Akupresur juga dapat membantu melepaskan beban dari usus dan membantu melepaskan gas dalam usus. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan akupresur untuk mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh perut kembung saat hamil.

9. Konsumsi Obat-obatan yang Diresepkan Dokter

Konsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter juga dapat membantu mengurangi perut kembung saat hamil. Dokter akan menentukan obat-obatan yang paling cocok untuk ibu hamil. Obat-obatan yang diresepkan dokter dapat membantu melepaskan gas dalam usus dan juga menetralkan asam lambung. Selain itu, obat-obatan yang diresepkan dokter juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan mual yang disebabkan oleh perut kembung.

10. Berobat ke Dokter

Jika perut kembung yang dialami ibu hamil sudah tidak berkurang meskipun sudah melakukan cara-cara di atas, maka ibu hamil disarankan untuk berobat ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan juga akan menentukan obat-obatan yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil. Selain itu, dokter juga akan memberikan saran dan bantuan untuk mengatasi masalah perut kembung yang dialami ibu hamil.

Perut kembung saat hamil merupakan masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung saat hamil. Cara-cara di atas dapat membantu ibu hamil mengurangi perut kembung dan merasa lebih nyaman. Jika perut kembung masih belum berkurang meskipun sudah melakukan cara-cara di atas, maka ibu hamil disarankan untuk berobat ke dokter.

0 Response to "Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel