Cara Bertani Cabai


Cara Bertani Cabe – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan cabe atau cabai. Masakan indonesia mempunyai ciri khas ialah pedas dan kaya rempah menciptakan tidak diragukan lagi menyebabkan cabai sebagai bahan makanan yang mudah didapatkan di pasaran. Meskipun kadang kala harganya tidak stabil, cabe masih sungguh terkenal.





Jika Anda ingin menanam cabe sendiri di rumah, dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai 3,5 bulan untuk cabe yang dipanen semenjak waktu tanam pertama. Waktu tanam cabai sampai panen yang baik setidaknya 6 bulan.





Tanaman cabai dapat mempunyai umur hingga 24 bulan. Frekuensi panen cabai meraih 13 hingga 18 kali. Anda bisa menanam cabai mandiri di rumah untuk mengisi waktu luang atau untuk digunakan sendiri.






Cara Bertani Cabe yang Baik dan Benar





Cara-Bertani-Cabe
Cara Bertani Cabe




Pemilihan Benih





Agar berhasil menanam cabe, Anda memerlukan benih bermutu tinggi. Anda mampu menentukan biji cabe bermutu tinggi dengan memilih biji cabe segar. Bisa juga dengan menanam cabe ini, mengambil beberapa cabe, lalu mengupas dan mengambil bijinya.





Setelah semua biji dikeluarkan, lalu keringkan biji pada sinar matahari hingga benar-benar kering. Namun jikalau anda tidak ingin repot cara yang simpel yakni dengan membeli benih di toko pertanian dan ditoko bibit didaerah anda. Jika ingin menanam untuk skala besar sebaiknya bibit didapat dari berbelanja.





Namun, bila Anda ingin menanam cabe dalam kecil-kecilan, semestinya untuk mengambil biji cabe pribadi dari cabe segar. Benih cabe yang dijual pada toko pertanian umumnya ditujukan untuk pertanian skala besar serta pastinya harganya beragam.





Penyemaian Bibit Cabe





Setelah mendapatkan biji cabe terbaik, langkah berikutnya yaitu penyemaian. Gunakan polybag kecil untuk media semai. Kemudian tambahkan pupuk dan tanah. Campur hingga ketinggian polybag tercapai. Masukkan biji cabai ke dalam polybag. Lalu siramlah setiap hari. Untuk informasi lebih lanjut, lihat cara menyemai cabe yang bagus:





  1. Siapkan polybag atau tempat penyemaian bibit.
  2. Tambahkan pupuk kandang dan tanah dalam perbandingan 1: 3.
  3. Tempatkan pada area yang bebas dari hujan dan sinar matahari sekitar satu minggu.
  4. Rendam benih dengan air hangat selama 5 jam.
  5. Lalu masukkan bijinya dalam polybag. Tutupi bibit dengan tanah dengan kedalaman sekitar 1 cm.
  6. Tunggu hingga benih berkecambah.
  7. Ketika bibit telah berkembang, tanaman dapat terkena sinar matahari.




Menanam cabe





Setelah sekitar 3 minggu, bibit telah bisa dipindahkan ke lahan permanen yang sudah disiapkan. Lakukan juga menggemburkan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul dan diaduk memakai pupuk. Anda mesti berhati-hati dikala mengeluarkan bibit dari polybag.





Jika Anda terus menggunakan polybag, gunakan polybag dengan ukuran minimum 30 cm. Anda juga bisa memakai baskom bekas sbegai alternatif nya.
Gunakan rasio 2: 3: 1 dengan isu tentang pupuk, tanah dan sekammentah sebagai media tanam.





Perawatan dan Pemeliharaan





Setelah melaksanakan penanaman, langkah selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan tanaman cabe biar berkembang optimal dan mendapat hasil panen sesuai cita-cita. Penjelasan lengkapnya selaku berikut :





Penyiraman





Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari khususnya diawal era tanam dan kemarau. Penyiraman dikerjakan secukupnya saja dan jangan hingga membuat lahan menjadi tergenang.





Pemupukan Susulan





Tanaman cabe memerlukan nutrisi dalam tanah, untuk itu berikan pupuk berbentukpupuk kandang dan kompos. Dapat juga diberikan pupuk kimia seperti pupuk Urea, ZA, NPK dan TSP.





Pemasangan Ajir





Ajir ialah penyangga tanaman cabe yang yang dibuat dari bambu atau kayu. Pemasangan ajir bermaksud untuk menyangga tumbuhan cabai biar tidak gampang roboh terkena angin.





Penyiangan





Lakukan penyiangan kepada gulma atau tumbuhan liar yang ada disekitar tumbuhan cabai yang mampu mengganggu kemajuan flora cabai. Karena gulma dan flora liar mampu merebut nutrisi didalam tanah.





Masa Panen





Tahap panen yaitu kala yang dinantikan-tunggu oleh para petani. Panen cabai dapat dilaksanakan pada 3 bulan sampai 3.5 bulan sesudah tanam. Panen mampu dikerjakan sampai 18 kali selama priode 6 bulan.





Demikianlah pembahasan tentang cara bertani cabe biar mampu berfaedah untuk anda.





Baca Juga Artikel Lainnya






0 Response to "Cara Bertani Cabai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel