Cara Menanam Kemangi


Cara Menanam Kemangi


Cara Menanam Kemangi : Di Sawah, Tanah, Botol Dan Perawatannya – Tanaman Kemangi ialah flora perdu, yang dimanfaatkan daun pucuknya untuk lalap dan buahnya yang tua untuk minuman acuh taacuh. Tanaman Kemangi tergolong jenis tumbuhan yang mudah berkembang dan juga gampang dalam perawatannya, tumbuhan ini memungkinkan untuk ditanam di ladang ataupun di Pot sebagai tanaman penghijau di serambi rumah kita. Cara menanam kemangi sangatlah mudah, berikut ini keterangan selengkapnya.


Cara Menanam Kemangi




Menanam/Budidaya Kemangi


Pembibitan


Pembiakan tumbuhan ini dengan bijinya, yang disemaikan terlebih dulu, sesudah umur 1 bulan dipindahkan jika untuk penanaman dalam jumlah besar atau selaku lahan pertanian. Jika anda cuma menghendaki beberapa batang saja untuk ditanam di Pot anda bisa membiarkan biji kemangi tersebut tumbuh dan membesar tetap dalam Pot.




Baca Artikel Lainnya : Budidaya Lada




Pembibitan Kemangi


Pembibitan Kemangi




Pengolahan Lahan



  • Dicangkuli sampai hancur dan kemudian dibuat bedengan memanjang.

  • Ratakan permukaan bedengan tadi, sehabis itu buatlah lubang-lubang berjarak 50-60 cm berbaris-baris.

  • Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang tadi 7 hari sebelum bibit kemangi dipindahkan.

  • Usahakan bedengan-bedengan jangan terlindung oleh pohon-pohonan rindang, alasannya adalah tanaman kemangi membutuhkan tempat yang terbuka.




Penanaman



  • Setelah bibit di persemaian berumur 1 bulan dicabut dan ditanam pada lubang-lubang yang tersedia.

  • Sebelumnya semoga lubang-lubang disiram dulu dengan air, gres bibit ditanam.

  • Sesudah tumbuhan berumur 3-4 Minggu, agar disiangi dari rumput-rumput yang mengganggunya




Baca Artikel Lainnya : Cara Menanam Wortel Organik Dan Panennya




Lahan Kemangi


Lahan Kemangi




  • Pemupukan




Pemupukan dikerjakan pada waktu menyiangi (flora umur 3-4 Minggu), sambil diberikan pupuk Urea 150 Kg/Ha, dan ulangi kembali 2-3 Minggu lalu.




  • Panen




Setelah tumbuhan Kemangi berumur 50 hari telah dapat dipungut daun mudanya untuk lalap mentah. Bila flora hanya diharapkan daun mudanya maka jangan biarkan bunganya tumbuh, tetapi jikalau anda menginginkan buahnya yang renta untuk dipanen maka biarkanlah bunganya berkembang dan menjadi buah. Tanaman sejenis Kemangi ialah Tanaman Selasih Cara Penanamanya sama. Demikian cara menanam Kemangi, cukup gampang bukan? Segarkan situasi serambi rumah anda dengan menanam Kemangi dalam Pot. Selamat menjajal .




Baca Artikel Lainnya :  [Lengkap] Cara Menanam Sawi Di Polybag Serta Tahapan Dan Pupuknya




Manfaat Daun Kemangi


Manfaat Daun Kemangi


Kemangi mempunyai arti flora beraroma. Aroma busuk daun kemangi berasal dari kandungan minyak atsiri dengan seribu satu faedah bagi manusia. Apa saja?




KEMANGI dapat berkembang di sembarang kawasan dan toleran terhadap cuaca panas maupun hambar. Kemangi yang ditanam di tempat cuek daunnya lebih lebar dan lebih hijau, sedangkan kemangi di daerah panas daunnya kecil, tipis, dan berwarna hijau pucat. Kemangi berkerabat dengan selasih (Ocimun sancium), daun mint (Mentho arvensis), dan daun jinten (Coleus amboinicus). Kerabat terdekatnya basil (Ocimun amboinicus). Aroma daun kemangi sungguh khas, berpengaruh tetapi lembut dengan sentuhan aroma limau.




Di Jawa Barat, daun kemangi (disebut surawung) dimakan selaku lalapan dan dipakai dalam beragam kuliner Sunda yang lezat seperti ulukutek oncom leunca (tumis leunca), pais lauk (pepes ikan), laksa bogor, dan karedok. Di Jawa Timur, daun kemangi biasa dihidangkan dengan nasi krawu, krawu, botok, trancam (urap), pencek tempe, dan ikan bumbu pesmol. Di Jakarta, kemangi umum digunakan dalam hidangan laksa dan nasi ulam. Dalam masakan khas Manado, daun kemangi sering ditambahkan pada bubur semoga terasa lebih lezat.




Kemangi juga ditemukan di Thailand (disebut manglok), Mediterania/Italia (disebut genovese), dan India (disebut holy bakteri atau tulsi). Di Thailand, kemangi digunakan selaku bumbu masak. Di India dan sebagian kawasan di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada dikala pergantian ekspresi dominan, dikala masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek atau demam. Di Eropa, daun kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya.




John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan…

“Sari daun kemangi berkhasiat untuk menanggulangi diare”, nyeri payudara, kerikil ginjal, gangguan pada vagina dan albuminaria (terbuangnya albumin melalui urin). Para peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS menyatakan bahwa daun kemangi memiliki potensi membantu meredakan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan tubuh lesu.




Di Indonesia, secara tradisional daun kemangi digunakan untuk mengatasi perut kembung atau masuk angin dan deman pada anak balita. Daun kemangi diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung. Lalap daun kemangi juga diandalkan dapat menghalangi amis badan dan bacin mulut serta memperlancar ASI.




Daun kemangi pun mengandung aneka macam komponen bioaktif nongizi. Komponen 1-8 sineol-nya disangka dapat menolong menangani ejakulasi dini pada laki-laki. Komponen apigenin fenkhona dan eugenol diduga mampu memajukan mutu ereksi penis. Arginin mampu memperkuat daya hidup sperma (menolong menangkal kemandulan) dan menurunkan kadar gula darah.


Sedangkan bagi perempuan, senyawa anetol, boron, eugenol dam stigmasterolnya bisa merangsang hormone estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan serta merangsang pematangan sel telur. cat flavonoid dalam kemangi bisa melindungi struktur sel badan dan berperan sebagai antibiotic alami.




Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Di bidang kecantikan, kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya selaku adonan obat ataupun untuk materi perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang wewangian, pelembab badan, dan minyak dan minyak aroma terapi. (osi/berbagai sumber)




Kadar Gizi Kemangi



  1. Energi (kkal)

  2. Protein (g)

  3. Lemak (g)

  4. Karbohidrat (g)

  5. Kalsium (mg)

  6. Fosfor (mg)

  7. Besi (mg)

  8. Vitamin A (RE)

  9. Vitamin B (mg)

  10. Vitamin C (mg)

  11. Air (g)




Demikianlah klasifikasi postingan diatas tentang Cara Menanam Kemangi : Di Sawah, Tanah, Botol Dan Perawatannya biar mampu bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id


0 Response to "Cara Menanam Kemangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel